Orang Sukses Vs Orang Gagal

Mahasiswa Prodi MKSP Politeknik Kutaraja foto bersama Illiza Sa’aduddin Djamal (Dok. Himapro-MKSP)

Oleh: Gebrina Adzkia*

Semua orang pasti ingin sukses dalam hidupnya, baik suskes dalam dunia pekerjaan, pencintaan, dan kehidupan lainnya. Tapi mengapa sih tidak semua orang bisa mencapai kesuksesan itu? Apa sih yang membedakan orang-orang yang suskes dan orang-orang yang gagal dalam mencapai tujuan mereka?

Saya ingin berbagi sedikit tentang hal tersebut berdasarkan cerita dari orang-orang suskes yang pernah saya baca tentang riwayat hidup mereka meskipun saya sendiri saat ini sedang berusaha untuk mencapai kesuksesan pula.

Di kesempatan kali ini saya akan membagikan 3 (tiga) hal saja apa yang menjadi pembeda antara orang sukses dan orang gagal tersebut. Walau sebenarnya masih banyak lagi yang membedakan orang-orang sukses dan orang-orang gagal.

Pertama
Orang-orang sukses selalu mencari jawaban atas permasalahan-permasalahan yang mereka hadapi. Bagaimanapun masalah yang dihadapi, seberat apapun itu mereka selalu berhasil menemukan solusinya. Mereka memiliki pikiran yang unik dan kreatif untuk menyelesaikan permasalahannya.

Sedangkan orang-orang yang gagal, jangankan mencari solusi untuk permasalahan yang ada, mereka malah merupakan bagian dari penyebab masalah itu sendiri.

Kedua
Orang-orang yang suskes tidak pernah mau berhenti belajar dan selalu mau menerima hal-hal baru. Misalnya tentang satu cara baru, ide baru, dan pengetahuan baru.

Sedangkan orang-orang gagal suka berpikir mereka lebih pintar dari orang lain dan tidak suka menerima opini orang lain karena mereka yakin merekalah yang paling benar. Pemikiran seperti inilah yang membuat mereka tidak bisa berkembang dan cenderung memiliki cara pandang yang sempit.

Ketiga
Orang-orang yang sukses tidak hanya menganggap masalah-masalah yang ada merupakan hal yang negatif tapi mereka melihat juga dari sisi yang positif dan dapat mencari peluang dari masalah yang ada.

Mereka selalu belajar dari permasalahan yang ada agar kedepannya dapat menjadi lebih baik. Seburuk apapun masalah yang mereka hadapi, mereka tidak akan pernah terpuruk dalam waktu yang lama karena mereka tahu terpuruk tidak dapat menyelesaikan masalah apa-apa.

Lain halnya dengan orang-orang gagal, mereka hanya bisa melihat masalah-masalah dengan pandangan yang negatifnya saja. Mereka tidak dapat melihat hal positif yang dapat diambil.

Sebagai penutup saya ingin menulis sebuah kutipan yang sangat menginspirasi saya yaitu “semua impian dapat menjadi nyata jika kita memiliki keberanian besar untuk mengejar impian itu”, Walt Disney.

Jadi sebagaimana kutipan tersebut. Jadilah orang yang berani dan pantang menyerah dalam mengejar setiap impian kamu hingga ia benar-benar menjadi nyata dan hanya dirimulah saja yang dapat mewujudkan mimpimu, tentu saja diiringi doa dan memohon bantuan Allah Subhanahu Wata’aala.[]

Editor: Hamdani

*) Mahasiswa Prodi MKSP Politeknik Kutaraja Banda Aceh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *