Doi Cantik yang Senang Kuliah di Perguruan Tinggi Vokasi

Hazratul Akmal mahasiswa Politeknik Kutaraja Program Studi Manajemen Keuangan Sektor Publik (MKSP)/foto Hazra

Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) telah mengumumkan hasil SBMPTN 2019 di Gedung Kemenristekdikti, Jakarta (9/7/2019).

Jumlah peserta yang dinyatakan lulus seleksi pada 85 perguruan tinggi negeri (PTN) se-Indonesia sebanyak 168.742 peserta termasuk Universitas Syiah Kuala. Jumlah tersebut merupakan hasil seleksi dari pendaftar SBMPTN 2019 sebanyak 714.652 peserta.

“Pengalaman itu pernah saya alami” tutur gadis cantik asal Meulaboh yang kini tercatat sebagai mahasiswi Politeknik Kutaraja Banda Aceh. Doi manis yang memiliki nama Hazratul Akmal lalu membagi kisah dan pengalamannya ketika ikut SBMPTN tahun lalu.

Menurut Hazra begitu sering dipanggil, memang rata-rata siswa di Aceh mungkin juga daerah lain prioritas memilih Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan memilih program studi atau jurusan bergengsi, walau kadang tidak sesuai dengan kemampuan yang ada. Dan itu tidak salah.

“Tetapi bagaimana jika tidak lulus? Kecewa pasti. Namun kita tidak boleh lama-lama larut dalam kekecewaan itu. Kita mesti segera bangkit” kata Hazra. Toh masih banyak Perguruan Tinggi Swasta yang juga tak kalah bergengsi dengan PTN.

Berikut wawancara kami dengan Hazratul Akmal tentang pendidikan vokasi dan pendapat dia tentang Politeknik Kutaraja.

Apa pendapat kamu tentang pendidikan vokasi?

Pendidikan vokasi merupakan pendidikan tinggi yang ditujukan untuk kepentingan praktis dimulai dari D-I, D-II, D-III, Sarjana Terapan, Magister Terapan dan Doktor Terapan yang berfungsi mengembangkan peserta didik agar memiliki pekerjaan keahlian terapan tertentu melalui program vokasi dalam rangka mencapai tujuan pendidikan nasional. Pendidikan vokasi merupakan pendidikan yang mengarahkan mahasiswa untuk mengembangkan keahlian terapan, beradaptasi pada bidang pekerjaan tertentu dan dapat menciptakan peluang kerja.

Apa pendapat kamu tentang Politeknik Kutaraja?

Menurut saya, kampus Politeknik Kutaraja merupakan solusi tepat bagi calon mahasiswa yang ingin bekerja sekaligus belajar berkarir, karena di Politeknik Kutaraja kita bisa belajar teori dan pengaplikasian teori ke lapangan, seperti yang kita ketahui bahwa di Era Globalisasi saat ini sangat di butuhkan Softskill bagi Fresh Graduate kedepannya, maka dari itu Ayo kuliah di Politeknik Kutaraja.

Mengapa memilih kuliah di Politeknik Kutaraja? Apa alasannya?

Alasan saya berkuliah di Politeknik Kutaraja adalah fasilitas yang memadai, mahasiswanya aktif dan kreatif dan juga visi misi kampus lebih jelas dan terarah, yaitu salah satunya membentuk karakter mahasiswa agar menjadi fresh graduate yang di nanti berguna bagi masyarakat, instansi, perusahaan dan dunia kerja lainnya kedepan.

Mengapa pilih prodi MKSP?

Karena saya ingin lebih dalam memahami ilmu bagaimana cara mengelola keuangan dengan baik, tidak hanya keuangan, banyak hal yang bisa dikelola dengan baik dengan mempelajarinya ilmu manajemen.

Bagaimana suasana kuliah di Politeknik Kutaraja?

Suasananya nyaman, adem, sejuk, bersih, dosennya ramah dan sangat mendukung kegiatan mahasiswa dan mahasiswanya juga aktif.

Biaya kuliah mahal nggak?

Masih terjangkau, sesuai dengan fasilitas yang di dapat.

Apa kata orang tua kamu saat mau masuk ke politeknik kutaraja?

Orang tua saya senang sekali dan berharap dengan berkuliah di Politeknik Kutaraja saya bisa menjadi generasi yang aktif, berprestasi dan menjadi kebanggaan bagi keluarga,dan juga bagi Politeknik Kutaraja

Kamu memperoleh apa saja sejak kuliah di Politeknik Kutaraja?

Banyak sekali Ilmu-ilmu yang baru saya peroleh, dunia baru, relasi baru dan tentunya prestasi-prestasi yg saya raih saat saya kuliah di politeknik Kutaraja, tentunya dengan dukungan dari Politeknik Kutaraja.

Apa harapan kamu setelah tamat kuliah?

Saya ingin berkarir dan mengaplikasikan ilmu saya selama berkuliah di Politeknik Kutaraja, kemudian juga bersedia untuk suatu saat kembali ke dunia kampus sebagai Alumni yang pernah mengecap studi di kampus serta berbagi kepada mahasiswa-mahasiswa baru nantinya.

Apa saran dan harapan kamu untuk Politeknik Kutaraja?

Saran saya dari segi biaya perkuliahan agar lebih memberikan keringanan dan fasilitas lebih bagi mahasiswa kurang mampu dan mahasiswa berprestasi agar bisa menunjang prestasi untuk peningkatan SDM dan juga kampus sendiri serta terus tingkatkan kredibilitas kampus agar menjadi favorit dan pilihan utama bagi mahasiswa yang ingin belajar sekaligus mengasah diri demi dunia kerja kedepannya.[]

Editor: Hamdani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *